Apa Saja macam-macam media pembelajaran??
Pasti
kamu udah biasa mendengar dan menggunakan media pembelajaran dong ya!! Tapi
mungkin aja kamu belum tau, macam-macam dari media pembelajaran itu!! Nah kali
ini aku mau membahas apa aja macam-macam media pembelajaran beserta
karakteristik, kelebihan, dan kekurangan dari media-media pembelajaran
tersebut. Jadi, baca sampai selesai yaa!
Istilah
media pembelajaran terdiri dari 2 kata, yaitu media dan pembelajaran. Media
adalah perantara atau pengantar pesan dari si pengirim kepada si penerima dalam
sebuah proses komunikasi yang berlangsung. Sedangkan kata Pembelajaran pada
hakikatnya adalah suatu interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya
yang dikoordinasikan oleh guru atau instruktur.
Jadi
pengertian media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk
menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan
kemauan si pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang
disengaja, bertujuan dan terkendali (formal).
Manfaat
dari media pembelajaran itu sendiri pasti banyak sekali dong ya!! Di antaranya
yaitu untuk memperjelas pesan, memunculkan semangat belajar, dan memungkinkan
siswa untuk belajar mandiri.
Setelah mengetahui pengertian serta manfaatnya, sekarang aku akan membahas apa saja macam-macam media pembelajaran!
1. Media
Audio
Audio
adalah bunyi atau suara yang dihasilkan oleh getaran suatu benda. Media audio
merupakan suatu alat media yang isi pesannya hanya dapat diterima melalui
indera pendengar saja. Audio berasal dari kata “audible” yang berarti suara
yang dapat didengar oleh manusia secara wajar.
Karakteristik
media audio yaitu:
1.
Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu
2.
Pesan dapat direkam dan diputar kembali
3.
Mengembangkan daya imajinasi
4.
Mengatasi masalah kekurangan pengajar dan pelajar
5.
Komunikasinya bersifat satu arah
6.
Sesuai untuk pengajaran musik dan bahasa
Kelebihan
media audio:
1.
Mudah dan variasi program lebih banyak
2.
Mudah digunakan, dipindahkan, ataupun digandakan
3.
Merangsang daya imajinatif
4.
Memusatkan perhatian siswa terhadap kata
5.
Jangkauannya luas
6.
Bersifat mobile
7.
Dapat diputar ulang sesuai kebutuhan
Kekurangan
media audio:
1.
Komunikasinya satu arah
2.
Lebih banyak menggunakan suara dan bahasa verbal
3.
Hanya untuk mereka yang sudah mampu berpikir abstrak
4.
Menimbulkan verbalisme pendengar
5.
Media audio yang menggunakan program siaran radio, dilakukan serempat dan
terpusat
Jenis-jenis
media audio:
1.
Radio
2.
Kaset/tape recorder
3. Lab
bahasa
4.
Podcast
2. Media
Grafis
Media
grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide, atau gagasan melalui
penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, simbol, atau gambar. Grafis biasanya
digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan mengilustrasikan
fakta-fakta sehingga menarik dan mudah diingat orang.
Karakteristik
media grafis:
V=
Visible
I=
Interesting
S=
Simple
U=
Usefull
A=
Accurate
L=
Legitimate
S=
Structure
Kelebihan
media grafis:
1.
Memperjelas penyajian pesan dan informasi
2.
Mengatasi keterbatasan pembaca
3.
Mudah diperoleh dan digunakan
4.
Biaya atau harganya relatif murah
5.
Lebih realistis
Kekurangan
media grafis:
1.
Informasi yang disajikan terlalu singkat
2.
Membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya
3.
Lebih banyak menguras waktu untuk membuatnya jika menggunakan by design
Jenis-jenis
media grafis:
1.
Diagram
2.
Grafik
3.
Bagan
4.
Sketsa
5.
Poster
3. Media Video
Arief S. Sadiman menyatakan video adalah media audio visual yang
menampilkan gambar dan suara. Pesan disajikan bisa berupa fakta (kejadian,
peristiwa penting, berita) maupun fiktif (seperti misalnya cerita). Video
adalah kumpulan gambar serta suara yang menyampaikan pesan bersifat informatif,
edukatif, dan instruksional.
Karakteristik
media video:
1.
Clarity of Message
2.
Stand Alone
3.
User Friendly
4.
Visualisasi dengan media
5.
Representasi isi
6.
Membutuhkan resolusi yang tinggi
7.
Dapat digunakan scara klasikal atau individual
Kelebihan
media video:
1.
Meningkatkan kemampuan motorik
2.
Menunjukkan tahapan proses
3.
Menunjukkan reka ulang kejadian bersejarah
4.
Dapat dilihat berulang kali
5.
Membuat berpikir kritis
6.
Mengembangkan apresiasi terhadap budaya lain
Kekurangan
media video:
1.
Waktu untuk memahami bagi setiap orang berbeda
2.
Terkadang dibuat berlebihan/manipulasi
3.
Tidak cocok menampilkan visual diam yang terperinci (peta, diagram organisasi,
dll)
5.
Tidak cocok menyajikan informasi abstrak dan nonvisual (filosofi, matematika)
Jenis-jenis
media video:
- Video analog, contohnya kaset
video
- Video digital seperti video
berbasis computer, video internet, dan video streaming
4. Multimedia
Multimedia
merupakan suatu sistem penyampaian dengan menggunakan berbagai jenis bahan
belajar yang membentuk suatu unit atau paket. Contohnya, suatu modul belajar
yang terdiri atas bahan cetak, bahan audio, atau bahan audiovisual.
Karakteristik
mutimedia:
1.
Memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur
audio dan visual
2.
Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi
respon pengguna, contohnya televisi
3.
Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahaan dan kelengkapan isi
sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan orang lain
Kelebihan
multimedia:
1.
Siswa dapat memiliki pengalaman yang beragam dari segala media
2.
Dapat menghilangkan kebosanan siswa, karena media yang digunakan lebih
bervariasi
3.
Sangat baik untuk kegiatan belajar mandiri
Kekurangan
multimedia:
1.
Biayanya cukup mahal
2.
Memerlukan perencanaan yang matang dan tenaga yang professional
5. Media
Sederhana
Suatu
alat atau sarana yang berfungsi sebagai saluran atau perantara komunikasi dalam
kegiatan pendidikan agar dapat berlangsung secara efisien dan efektif. Ciri
umumnya yaitu dapat dibuat sendiri oleh guru ataupun bersama murid, diperoleh
dari barang-barang di sekitar, dan tidak memerlukan keterampilan khusus.
Kriteria
media sederhana:
1.
Kesederhanaan
2.
Kesatuan
3.
Keseimbangan
4.
Penonjolan
5.
Irama
6.
Keindahan
Kelebihan
media sederhana:
1.
Dapat mengatasi keterbatasan ukuran, waktu, dan tempat
2.
Dapat membuat kognitif suatu pengertian
3.
Dapat memperlihatkan tentang bagaimana konstruksi, cara bekerja, penampang atau
irisan suatu proyek
4.
Dapat memperlihatkan tentang bagaimana stuktur organisasi sosial /masyarakat
5.
Dapat memperlihatkan bagaimana alur perjalanan suatu proses
Kekurangan
media sederhana:
1.
Tidak dapat menjangkau sasaran yang besar
2.
Penyimpanan serta perawatan yang rumit, membutuhkan ruang yang luas atau
menghabiskan ruang
Jenis-jenis
media sederhana dibagi menjadi 2, yaitu:
- Bersifat tiga dimensi, seperti
boneka, mock up, peta timbul, dan globe
- Bersifat dua dimensi, seperti
poster , grafik/diagram, papan tulis, papan magnet, papan flannel, dan
papan bulletin
Kesimpulan
Media pembelajaran merupakan salah
satu komponen utama dalam pembelajaran. Maka sudah seharusnya dalam kegiatan
pembelajaran, terdapat media sebagai alat bantu. Semua media baik dan menarik,
tetapi belum tentu tepat dan sesuai untuk segala materi pelajaran dan segala
jenis kepribadian siswa. Maka Proses pemilihan media menjadi hal penting agar
tujuan yang ingin dicapai dapat terlaksana.
Komentar
Posting Komentar