Apa Saja macam-macam media pembelajaran??

Pasti kamu udah biasa mendengar dan menggunakan media pembelajaran dong ya!! Tapi mungkin aja kamu belum tau, macam-macam dari media pembelajaran itu!! Nah kali ini aku mau membahas apa aja macam-macam media pembelajaran beserta karakteristik, kelebihan, dan kekurangan dari media-media pembelajaran tersebut. Jadi, baca sampai selesai yaa!

  Istilah media pembelajaran terdiri dari 2 kata, yaitu media dan pembelajaran. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari si pengirim kepada si penerima dalam sebuah proses komunikasi yang berlangsung. Sedangkan kata Pembelajaran pada hakikatnya adalah suatu interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya yang dikoordinasikan oleh guru atau instruktur.

Jadi pengertian media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan si pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang disengaja, bertujuan dan terkendali (formal). 

Manfaat dari media pembelajaran itu sendiri pasti banyak sekali dong ya!! Di antaranya yaitu untuk memperjelas pesan, memunculkan semangat belajar, dan memungkinkan siswa untuk belajar mandiri.

Setelah mengetahui pengertian serta manfaatnya, sekarang aku akan membahas apa saja macam-macam media pembelajaran!



1.       Media Audio

Audio adalah bunyi atau suara yang dihasilkan oleh getaran suatu benda. Media audio merupakan suatu alat media yang isi pesannya hanya dapat diterima melalui indera pendengar saja. Audio berasal dari kata “audible” yang berarti suara yang dapat didengar oleh manusia secara wajar.

Karakteristik media audio yaitu:

1. Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu

2. Pesan dapat direkam dan diputar kembali

3. Mengembangkan daya imajinasi

4. Mengatasi masalah kekurangan pengajar dan pelajar

5. Komunikasinya bersifat satu arah

6. Sesuai untuk pengajaran musik dan bahasa

 

Kelebihan media audio:

1. Mudah dan variasi program lebih banyak

2. Mudah digunakan, dipindahkan, ataupun digandakan

3. Merangsang daya imajinatif

4. Memusatkan perhatian siswa terhadap kata

5. Jangkauannya luas

6. Bersifat mobile

7. Dapat diputar ulang sesuai kebutuhan

 

Kekurangan media audio:

1. Komunikasinya satu arah

2. Lebih banyak menggunakan suara dan bahasa verbal

3. Hanya untuk mereka yang sudah mampu berpikir abstrak

4. Menimbulkan verbalisme pendengar

5. Media audio yang menggunakan program siaran radio, dilakukan serempat dan terpusat

 

Jenis-jenis media audio:

1. Radio

2. Kaset/tape recorder

3. Lab bahasa

4. Podcast

 

2.       Media Grafis

          Media grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide, atau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, simbol, atau gambar. Grafis biasanya digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan mengilustrasikan fakta-fakta sehingga menarik dan mudah diingat orang.

 

Karakteristik media grafis:

V= Visible

I= Interesting

S= Simple

U= Usefull

A= Accurate

L= Legitimate

S= Structure

 

Kelebihan media grafis:

1. Memperjelas penyajian pesan dan informasi

2. Mengatasi keterbatasan pembaca

3. Mudah diperoleh dan digunakan

4. Biaya atau harganya relatif murah

5. Lebih realistis

 

Kekurangan media grafis:

1. Informasi yang disajikan terlalu singkat

2. Membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya

3. Lebih banyak menguras waktu untuk membuatnya jika menggunakan by design

 

Jenis-jenis media grafis:

1. Diagram

2. Grafik

3. Bagan

4. Sketsa

5. Poster

 

3.   Media Video

      Arief S. Sadiman menyatakan video adalah media audio visual yang menampilkan gambar dan suara. Pesan disajikan bisa berupa fakta (kejadian, peristiwa penting, berita) maupun fiktif (seperti misalnya cerita). Video adalah kumpulan gambar serta suara yang menyampaikan pesan bersifat informatif, edukatif, dan instruksional.

 

Karakteristik media video:

1. Clarity of Message

2. Stand Alone

3. User Friendly

4. Visualisasi dengan media

5. Representasi isi

6. Membutuhkan resolusi yang tinggi

7. Dapat digunakan scara klasikal atau individual

 

Kelebihan media video:

1. Meningkatkan kemampuan motorik

2. Menunjukkan tahapan proses

3. Menunjukkan reka ulang kejadian bersejarah

4. Dapat dilihat berulang kali

5. Membuat berpikir kritis

6. Mengembangkan apresiasi terhadap budaya lain

 

Kekurangan media video:

1. Waktu untuk memahami bagi setiap orang berbeda

2. Terkadang dibuat berlebihan/manipulasi

3. Tidak cocok menampilkan visual diam yang terperinci (peta, diagram organisasi, dll)

5. Tidak cocok menyajikan informasi abstrak dan nonvisual (filosofi, matematika)

 

Jenis-jenis media video:

  • Video analog, contohnya kaset video
  • Video digital seperti video berbasis computer, video internet, dan video streaming

 

4.       Multimedia

          Multimedia merupakan suatu sistem penyampaian dengan menggunakan berbagai jenis bahan belajar yang membentuk suatu unit atau paket. Contohnya, suatu modul belajar yang terdiri atas bahan cetak, bahan audio, atau bahan audiovisual.

 

Karakteristik mutimedia:

1. Memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual

2. Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna, contohnya televisi

3. Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahaan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan orang lain

 

Kelebihan multimedia:

1. Siswa dapat memiliki pengalaman yang beragam dari segala media

2. Dapat menghilangkan kebosanan siswa, karena media yang digunakan lebih bervariasi

3. Sangat baik untuk kegiatan belajar mandiri

 

Kekurangan multimedia:

1. Biayanya cukup mahal

2. Memerlukan perencanaan yang matang dan tenaga yang professional

 

5.       Media Sederhana

            Suatu alat atau sarana yang berfungsi sebagai saluran atau perantara komunikasi dalam kegiatan pendidikan agar dapat berlangsung secara efisien dan efektif. Ciri umumnya yaitu dapat dibuat sendiri oleh guru ataupun bersama murid, diperoleh dari barang-barang di sekitar, dan tidak memerlukan keterampilan khusus.

 

Kriteria media sederhana:

1. Kesederhanaan

2. Kesatuan

3. Keseimbangan

4. Penonjolan

5. Irama

6. Keindahan

 

Kelebihan media sederhana:

1. Dapat mengatasi keterbatasan ukuran, waktu, dan tempat

2. Dapat membuat kognitif suatu pengertian

3. Dapat memperlihatkan tentang bagaimana konstruksi, cara bekerja, penampang atau irisan suatu proyek

4. Dapat memperlihatkan tentang bagaimana stuktur organisasi sosial /masyarakat

5. Dapat memperlihatkan bagaimana alur perjalanan suatu proses

 

Kekurangan media sederhana:

1. Tidak dapat menjangkau sasaran yang besar

2. Penyimpanan serta perawatan yang rumit, membutuhkan ruang yang luas atau menghabiskan ruang

 

Jenis-jenis media sederhana dibagi menjadi 2, yaitu:

  • Bersifat tiga dimensi, seperti boneka, mock up, peta timbul, dan globe
  • Bersifat dua dimensi, seperti poster , grafik/diagram, papan tulis, papan magnet, papan flannel, dan papan bulletin

        Kesimpulan

    Media pembelajaran merupakan salah satu komponen utama dalam pembelajaran. Maka sudah seharusnya dalam kegiatan pembelajaran, terdapat media sebagai alat bantu. Semua media baik dan menarik, tetapi belum tentu tepat dan sesuai untuk segala materi pelajaran dan segala jenis kepribadian siswa. Maka Proses pemilihan media menjadi hal penting agar tujuan yang ingin dicapai dapat terlaksana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini